iden
Previous Next

Penyerahan SK Tetap Dosen, Ini Pesan Rektor

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar kegiatan penyerahan Surat Keputusan (SK) Tetap kepada 28 Dosen. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Ruang Seminar lantai IV Gedung Rektorat UMK, Jumat, (21/06).

Dalam sambutannya Rektor UMK, Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si. menyampaikan, UMK bercita-cita agar setiap dosen bisa merencanakan karirnya. Sehingga, setiap dosen bisa meraih karir akademik tertinggi, dalam hal ini ialah Guru Besar.

“UMK telah melaksanakan penataan Kepegawaian dan karir Dosen sejak tahun 2022. Early warning systemsudah berjalan, sarpras khusus pengurusan Jabatan Fungsional (Jafa) dosen telah ditanamkan di masing-masing Fakultas,” tutur Rektor.

Sebagai informasi, sebelumnya, masa kontrak dosen yang 1 tahun bisa diperpanjang kontrak lagi smapai dengan bertahun-tahun. “Sekarang dilakukan percepatan, begitu diterima, 3 bulan kemudian ditetapkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rektor mengungkapkan, UMK dan seluruh perguruang tinggi swasta (PTS) di Indonesia saat ini menghadapi masa peralihan kebijakan pemerintah terkait jabatan fungsional dosen. Beberapa upaya sedang dilakukan secara insentif dalam pekan-pekan ini.

Antara lain, pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Profesi dan Kompetensi SDM. Kemudian, penambahan 5 SDM untuk memperkuat UPT UPT Layanan Pengembangan dan Kompetensi SDM (LPKS).

Adapun tugas UPT LPKS beserta sumber dayanya melayani dan mendampingi pengurusan Jafa Dosen. Selanjutnya, UPT LPKS melayani pengembangan kompetensi dosen, termasuk pelatihan mandatory pra jabatan, Pekerti, dan AA.

Selain iu, UPT LPKS melayani dan mendampingi Sertifikasi Dosen, serta penetapan ranting ilmu dan kepakaran dosen. Prodi, dalam hal ini bersama-sama dosen menentukan arah keilmuan Prodi dan ranting keilmuan masing-masing dosen.

“Dengan demikian, dosen bisa merencanakan road map karir dan target pencapaiannya sejak awal,” tegas Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Rektor juga berpesan kepada Dosen yang diangkat tetap. Pasalnya, Dosen yang kali ini menerima SK tetap, per-25 Juni 2024 nanti mendapatkan hak pendapatan penuh sebagai dosen tetap.

“Mari kita bersyukur semoga Allah SWT menambah berkah, dan semoga Tuhan meridhoi langkah kita dan meraih apa yang kita cita-citakan. UMK hakikatnya arena sawah harus kita pupuk, pelihara supaya semakin subur sehingga panennya semakin banyak,” pungkasnya. (Humas-UMK)