iden
Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK - Universitas Muria Kudus (UMK) perkuat kerja sama dalam negeri dengan kunjungi Universitas yang ada di Provinsi Riau.
Kerjasama tersebut dilaksanakan dengan menyepakati penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara UMK dengan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) (19/7/2024).
Kunjungan pertama, Universitas Muria Kudus (UMK) menandangi Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), guna memperkuat kerjasama kedua pihak dengan melaksanakan penandatanganan MoU.

Rombongan Universitas Muria Kudus disambut hangat oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau,
“Tidak usah segan silu sesama insan dunia akademik pasti kita akan saling bantu dan ikut melakukan”, ucap Dr. H. Saidul Amin, MA Rektor Universitas Muhammadiyah Riau.

Dalam sambutan selamat datangnya, Rektor Umri Dr. H. Saidul Amin, MA berharap kedua perguruan tinggi bisa turut andil dalam penguatan kerjasama tridharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“UMRI telah mengirimkan mahasiswanya untuk KKN di perguruan tinggi di negara ASEAN yang telah bekerjasama dengan kami,
Jika kami KKN atau kerjasama ke luar negeri UMK bisa ikut bergabung bersama-sama, begitupun UMK ke luar negeri kami pun bisa ikut pula,” tambahya.

Terbaru, UMRI juga telah mengirimkan mahasiswa KKN mereka ke Arab Saudi guna membantu pelaksanaan Umroh dan Haji yang ada disana.

Senada dengan hal tersebut, Rektor UMK Prof. Dr. Ir. Darsono MSi. juga membuka peluang untuk bersama-sama membuat program KKN Internasional yang dapat dilakukan oleh kedua perguruan tinggi.

"Pada tahun ini UMK juga membuka kuota mahasiswa internasional sebanyak 15 mahasiswa asing yang hampir semuanya telah terpenuhi, tidak hanya itu program KKN kita tidak hanya nasional namun juga Internasional ke negara Malaysia", jelas Rektor UMK.

Lebih lanjut, tawaran UMRI ini akan menambah peluang internasionalisasi bagi UMK untuk melaksanakan kegiatan yang berskala internasional.

"Melalui penandatangan MoU ini kami harapkan menjadi payung dari tingkat Universitas yang nanti dapat dimanfaatkan pada setiap unit dan Fakultas-fakultas",tambahnya.

Prof. Darsono juga berharap akan muncul kegiatan-kegiatan positif diantara keduanya.
"Semoga akan ada banyak hal positif yang muncul berdasarkan kerjasama ini, salah satunya dengan penyatuan budaya (cross culture) antar kedua perguruan tinggi yang berasal dari daerah dan budaya yang bereda", tutup Rektor UMK (Humas-UMK)

Previous Next

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active

UMK – Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bisnis dan Startup Mahasiswa (Bisma) mengembangkan wisata edukasi alam yang ramah anak di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengembangan pendidikan dan hiburan di wilayah setempat.

Desa yang terletak di lereng pegunungan Muria tersebut memang dikenal memiliki keindahan alam yang menawan serta kearifan lokal yang menarik. Selain itu, Desa Japan juga memiliki potensi hasil kebun berupa kopi dan jeruk pamelo.

Ketua Tim PPK Ormawa UKM Bisma 2024, Putri Ayu Sekarwangi menyampaikan, untuk merealisasikan program tersebut, tentunya Tim PPK Ormawa melakukan beberapa tahap. Mulai dari observasi, hingga perencanaan terkait pengembangan desa wisata ramah anak.

”Kemudian tahapan pelaksanaan program eduwisata ramah anak, yang meliputi paket tour wisata maupun pengembangan inovasi produk dan manajemen pariwisata,” jelasnya.

Eduwisata ini menawarkan berbagai kegiatan edukatif yang dirancang khusus untuk anak-anak. Diantaranya adalah area bermain anak bertemakan tradisional seperti, Egrang, Congklak, Betengan, dan lain sebagainya yang diberi nama Mbalik Cilik.

Selain itu, Tim PPK Ormawa UKM Bisma juga menawarkan wisata kebun kopi dan jeruk pamelo serta memberikan inovasi olahan produk dari jeruk pamelo.

”Kami ingin menciptakan tempat dimana anak-anak bisa belajar sambil bermain. Eduwisata ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran luar kelas yang menyenangkan dan bermanfaat,” ujar Putri.

Selain itu, eduwisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas ramah anak yang dibangun dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak. Program ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mengembangkan eduwisata yang ramah anak dan berkelanjutan. (Humas-UMK)

Previous Next

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive

UMK - Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan kegiatan lomba Essay Nasional Dekan Cup 2024 secara luring bagi 9 finalis. Kegiatan yang masih dalam rangka Dies Natalis UMK yang ke-44 tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat lantai 4 UMK, Senin (15/07/2024).

Lomba Essay Dekan Cup Fakultas Pertanian UMK mengangkat tema “The Urgency of Environmental Friendly Agriculture to Protect the Food and Earth Sustainability”.

Ke-9 finalis berasal dari beberapa SMA/SMK/Sederajat. Di antaranya MAN 2 Kudus dengan 2 tim, SMK Darul Musyawaroh Bangsri Jepara, SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dengan 3 tim, SMK Raden Umar Said, SMKS Mantiyah Bekasi, SMAN 1 Kudus, dan SMA Al Hikmah Boarding School Batu.

Setelah tahap seleksi, para finalis masuk ke tahap presentasi yang dilakukan masing-masing tim dengan ketentuan durasi penampilan 10 menit dan durasi sesi tanya jawab serta komentar oleh para juri dengan waktu 5 menit.

Adapun juara 1 diraih oleh Dyah Ayu Widyaningrum dan tim (SMA NU Al-Ma’ruf Kudus) dengan judul karya “Si Dewa: Deteksi dan Lawan Bau Tengik Pada Beras Berbasis Internet of Things”.

 Juara 2 diraih oleh Nasywa Amelia Agustina dan tim (SMK Raden Umar Said Kudus) dengan judul karya “PETRI – Platform Digital Petani Sebagai Upaya Modern Penjaja Hasil Sawah Pada Konsumen Pacsa Panen Berbasis Aplikasi Mobile”.

Juara 3 diraih oleh Aisy Aida Ainayya dan tim (SMA Al-Hikmah Boarding School Batu) dengan judul karya “Potensi Imunostimulan Ekstrak Daun Mangrove Rizhophora apiculata Terhadap Respon Kekebalan Non Spesifik Ikan Mas Punten (Cyprinuscarpio) Yang Diinfeksi Bakteri Aeromonas hydrophilla”.

Sedangkan, Juara Harapan 1 diraih oleh Nayla Ni’ma Ajriya dan tim (MAN 2 Kudus) dengan judul karya “FIFABONIC: Film Farming Menggunakan Film Polymer Transparan Dengan Carbon Dots Dari Limbah Organik Sebagai Pengganti Media Tanah”.

Kemudian, Juara Harapan 2 diraih oleh Arassy Kirana Sasongko dan tim (MAN 2 Kudus) dengan judul karya “Straw Ink: Tinta Ramah Lingkungan Berbahan Jerami Padi di Kabupaten Kudus”. (Humas-UMK)

Previous Next

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

UMK - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan kegiatan pelatihan budidaya hidroponik melon kepada masyarakat Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, belum lama ini.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Rejosari terkait bagaimana cara untuk membudidayakan hidroponik melon. Sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat Desa Rejosari.

Dosen pembimbing, Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd. menyampaikan, PPK Ormawa sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek-RI). PPK Ormawa memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebagai agen perubahan yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung.

“Setelah mendapatkan kesempatan meraih pendanaan dan terjun langsung di masyarakat selama 2 tahun terakhir, tahun ini HIMATIKA UMK berhasil mendapatkan kesempatan kembali untuk menerima pendanaan dan melakukan program pengabdian di Desa Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan judul kegiatan ‘Smart Taman Melon sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Desa Rejosari Kabupaten Kudus’,” Jelas Putri.

Sementara itu, program PPK Ormawa yang dilakukan di Desa Rejosari mendapatkan respon dan dukungan yang sangat baik dari Kepala Desa, perangkat desa, maupun masyarakat Desa Rejosari.

“Tentu kami sangat mendukung dan senang atas hadirnya adik-adik mahasiswa melalui program PPK Ormawa ini. Harapannya melalui kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan kedepannya dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman baru terkait budidaya melon hidroponik, sehingga dapat memberdayakan desa baik dari segi perekonomian maupun pertanian,” ucap Kepala Desa Rejosari, Aris Widiarto.

Dengan begitu, sambungnya, melalui kegiatan pelatihan, pendampingan, dan kegiatan lainnya diharapkan dapat mewujudkan Desa Rejosari yang lebih maju.

“Dan tentunya dengan dukungan dari perangkat desa, masyarakat Desa Rejosari, dan beberapa pihak mitra yang akan dilibatkan selama program ini berlangsung mulai bulan Juni sampai dengan bulan Oktober nanti,” pungkasnya. (Humas-UMK)

Page 1 of 534